Categories: NEWS

Bukan Pasangan “Boneka”, IYL-Cakka Bisa Langgeng

MAKASSAR- Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) diyakini bisa menjaga kelanggengan jika diberi mandat rakyat memimpin Sulsel 2018 mendatang.

Pasalnya, duet ini bukan ditentukan secara mendadak atau “dipaksakan”, melainkan melalui tahapan musyawarah-mufakat berbagai tokoh, serta survei kualitatif untuk mengukur tingkat penerimaan terhadap Cakka.

Di samping itu, penentuan pasangan IYL-Cakka juga bukan di bawah telunjuk atau tekanan pihak tertentu. Melainkan murni atas musyawarah, dan kesepakatan IYL dan Cakka.

Saat dikonfirmasi, Cakka mengakui jika dirinya punya pandangan yang sama dengan IYL dalam bersama membangun Sulsel. Itu sebabnya pula, saat ditawari untuk diikutkan sebagai bakal calon pendamping, ia tidak keberatan.

“Sebelum ditetapkan sebagai wakil, saya selalu bilang, bahwa dalam posisi apapun saya siap bersama Punggawa. Tapi setelah melalui tahapan musyawarah dan survei, Pak IYL memutuskan saya,” kata Cakka, saat dikonfirmasi, Rabu (18/10/2017).

Cakka yang tak lain Bupati Luwu dua periode menguraikan, memuji cara Punggawa dalam menentukan pasangan. Sebab, proses musyawarah tetap dikedepankan dengan melibatkan sejumlah figur yang juga diwacanakan sebagai pendamping.

Menurut dia, yang menjadi pembeda dari penentuan pasangan IYL, yakni tokoh yang dimasukkan dalam bakal calon, bermusyawarah dan sharing pandangan secara kekeluargaan untuk memutuskan satu nama.

“Karena tidak ada kawin paksa, dan sudah melalui berbagai proses yang bermartabat, maka kami sangat yakin bisa bekerjasama mengabdikan diri membangun Sulsel. Insya Allah, IYL-Cakka akan melanjutkan keharmonisan Sayang,” tambah Cakka.

Seperti diberitakan, penentuan pasangan IYL mendapat banyak apresiasi. Salah satunya datang dari Datu Luwu Andi Maradang Mackulau. Menurutnya, penentuan pasangan ini membangkitkan kembali budaya atau tradisi Sulsel.

Alasannya, sejak dulu para leluhur kita, selalu mengedepankan musyawarah mufakat. Sehingga tradisi tersebut tetap harus diperhatikan dan dihidupkan kembali, seperti yang dilakukan IYL-Cakka.

Recent Posts

DPW NasDem SulSel Beri Bantuan Ambulance untuk Masyarakat Wajo

WAJO, Bantuan mobil ambulance gratis oleh DPW Partai NasDem Sulsel untuk PAMMASE menuai apresiasi dari warga. Salah satunya datang dari…

January 29, 2018 January 29, 2018

Syaharuddin Alrif Sebut Fatmawati Rusdi Paling Layak Melanjutkan Pembangunan di Sidrap

SIDRAP, Sekretaris DPW Partai NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif berkumpul bersama TIM FATMA melakukan konsolidasi penguatan TIM untuk menghadapi pesta demokrasi di…

January 24, 2018 January 24, 2018

Demi Menjaga Lingkungan dan Kesehatan Warga, Kepala Desa Topanda Bagikan Bantuan Material Jamban

BULUKUMBA, Pemerintah desa Topanda membagikan bantuan material jamban kepada 70 kepala keluarga kurang mampu di kantor Desa Topanda, Kamis 11/01/2018.…

January 11, 2018 January 11, 2018

Syaharuddin Alrif: Kader Muhammadiyah Harus Mengutamakan Urusan Ummat

PINRANG, Setelah menghadiri pembukaaan Musyawarah Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sidrap di Pangkajenne, Syaharuddin Alrif yang juga Legislator NasDem SulSel…

December 23, 2017 December 23, 2017

Syukuran Kantor Baru, DPW NasDem SulSel adakan Dzikir dan Doa Bersama

MAKASSAR, Pengurus DPW NasDem SulSel syukuran kantor baru bersama anak yatim pada hari jumat 22 Desember 2019. Kantor DPW NasDem…

December 22, 2017 December 22, 2017

Tak Mau Kalah, NasDem Bulukumba Gasfull Menangkan NH-Aziz

BULUKUMBA - DPD Partai NasDem Bulukumba menyatakan all-out memenangkan pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahar (NH-Aziz) di Pilgub Sulsel 2017. Bahkan DPD…

December 19, 2017 December 19, 2017